Cuaca Buruk, Pelabuhan Padangbai Lakukan Buka Tutup
13.01.2011

 

Denpasar - Penyeberangan Padangbai - Lembar sempat ditutup selama 13 jam mulai Rabu (12/1) pukul 15.00 Wita hingga Kamis pukul 04.00 Wita karena cuaca yang sangat buruk.

Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Fery Padangbai Eko Yulianto ketika dihubungi dari Denpasar, Kamis mengatakan, sesuai pemberitahuan dari administratur pelabuhan setempat, kecepatan angin saat itu mencapai 30 knot per jam dan ketnggian ombak sekitar 3,5 meter.
 
"Bahkan dalam kondisi tertentu ombak bisa mencapai 4,5 meter dan arus dari utara ke tenggara sangat kuat dan cepat. Laporan dari para nakhoda juga demikian, sehingga kami putuskan untuk menunda pemberangkatan kapal," katanya.
 
Ia menjelaskan, bahwa ratusan kendaraan yang tertahan akibat tertundanya pemberangkatan itu masih bisa ditampung di areal parkir pelabuhan serta sebagian dialihkan ke daerah di perbatasan Klungkung dengan Karangasem. Namun pada Kamis siang, kendaraan-kendaraan itu sudah bisa diberangkatkan ke Lombok.
 
"Kami berkoordinasi dengan kepolisian di KP3 Padangbai dan Polsek Manggis untuk mengatur kendaraan-kendaraan ini," katanya. Sejak dibuka kembali pada pukul 04.00 Wita dinihari, sudah ada tujuh kapal yang diberangkatkan dari Padangbai ke Lembar.
 
Namun demikian, pada sore hari PT ASDP akan melakukan evaluasi mengenai keamanan pelayaran sehingga kemungkinannya akan diberlakukan sistem buka tutup. "Ini semua dengan pertimbangan untuk keselamatan, khususnya penumpang," katanya. (Red: Stevy Maradona)

Sumber: RepublikaOnline/Antara