Menteri BUMN Melantik Direksi PT. ASDP Indonesia Ferry
31.05.2010

 

Jajaran Direksi PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) (ki-ka): Rudi Meiyansyah (Direktur SDM dan Umum),
Prasetyo B. Utomo (Direktur Usaha Pelabuhan), Youlman Jamal (Direktur Usaha Penyeberangan),
Bambang Bhakti (Direktur Utama), Sirajuddin Saini (Direktur Teknik),
Fatah S. Topobroto (Direktur Keuangan)
 
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar  melantik enam anggota Direksi dan mengangkat satu anggota Dewan Komisaris PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada Kamis, 27 Mei 2010 di Kantor Kementerian BUMN Jakarta. Pelantikan ini diharapkan akan semakin meningkatkan kinerja positif BUMN di bidang pelabuhan dan penyeberangan ini.
 
Berdasarkan Keputusan Nomor : KEP-86/MBU/2010 tanggal 26 Mei 2010, keenam anggota Direksi PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang baru adalah Bambang Bhakti (Direktur Utama), Fatah Setiawan Topobroto (Direktur Keuangan), Rudi Meiyansyah (Direktur SDM dan Umum), Sirajuddin Saini (Direktur Teknik), Prasetyo Bhakti Utomo (Direktur Usaha Pelabuhan) dan Youlman Jamal (Direktur Usaha Penyeberangan).
Sementara, di jajaran Dewan Komisaris, Menteri BUMN mengangkat Wiratno sebagai anggota Komisaris berdasarkan Keputusan Nomor : KEP-85/MBU/2010 tanggal 26 Mei 2010. Wiratno menggantikan Askolani yang mengundurkan diri pada 17 Maret 2010.
 
Dalam sambutannya, Menteri BUMN mengingatkan bahwa potensi ASDP Indonesia Ferry dari segi bisnis sangat besar mengingat ASDP Indonesia Ferry adalah satu-satunya BUMN pengelola angkutan dan pelabuhan penyeberangan di Indonesia. Oleh karena itu, Menteri meminta direksi baru dan karyawan agar semakin solid dalam bekerja.
 
"Untuk ASDP agar menjaga kekompakan dan keharmonisan, karena sebelumnya sempat terjadi perpecahan. Direksi sekarang harus netral dan menumbuhkan kembali kepercayaan karyawannya," jelasnya Menteri.
 
Sementara, Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Bambang Bhakti yang baru mengatakan dirinya siap untuk menerapkan pengalamannya untuk membereskan masalah yang ada di ASDP Indonesia Ferry. "Saya ingin dengan pengalaman di pelabuhan saya jadi teman dan Bapak bagi sahabat saya di ASDP," tegasnya.
Sebagaimana diketahui, sejak tanggal 2 Maret 2010, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) diurus oleh Dewan Komisaris. Hal tersebut karena Bambang Soerjanto dan I. Made Widyantara yang masing-masing adalah Direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah diberhentikan sementara oleh Dewan Komisaris dengan Keputusan Nomor: 24/KOM/III/2010 tanggal 2 Maret 2010. Sementara anggota-anggota Direksi lainnya yakni Aloysius Pambudi Husodo, Bonar Manurung, Johan Iskandar, dan Syafrul Ultra Amiruddin telah disetujui pengunduran dirinya masing-masing sebagai anggota Direksi terhitung sejak tanggal 2 Maret 2010. Seluruh anggota Direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tersebut telah diberhentikan secara definitif melalui Keputusan Menteri BUMN selaku RUPS Nomor: KEP-45/MBU/2010 tanggal 29 Maret 2010. (Corporate Secretary)