PRESS RELEASE: PERSIAPAN ANGKUTAN LIBURAN DIFOKUSKAN DI TIGA CABANG ASDP
15.06.2012

Cilegon, 15 Juni 2012 – Musim liburan sekolah telah tiba. Berdasarkan agenda resmi pendidikan dari pemerintah, liburan sekolah akan dimulai pada tanggal 25 Juni hingga 14 Juli 2012. Tentunya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebagai perusahaan jasa penyedia transportasi penyeberangan harus melakukan persiapan dalam menghadapi arus liburan sekolah.

Mengingat rentang waktu liburan sekolah yang cukup panjang, maka kepadatan arus penyeberangan selama liburan sekolah tahun 2012 diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2012, sedangkan untuk kepadatan arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 12 – 15 Juli 2012, dengan asumsi seluruh siswa pada tanggal 16 Juli 2012 telah masuk sekolah kembali.

Dalam melayani para pengguna jasa di musim angkutan liburan ini PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan berkonsentrasi di 3 (tiga) cabang utama yaitu Merak, Bakauheni dan Ketapang. Hal ini dikarenakan di 2 (dua) lintasan utama tersebut (Merak – Bakauheni dan Ketapang – Gilimanuk) memiliki tingkat kepadatan arus penyeberangan cukup tinggi pada saat liburan sekolah tahun 2012, khususnya di Ketapang – Gilimanuk, dimana sebagian besar siswa diperkirakan akan berlibur di P. Bali.
 
Untuk mengantisipasi  kepadatan yang akan terjadi, maka PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan seluruh fasilitas sarana dan prasarana penunjang, baik di pelabuhan dan kapal siap digunakan.
 
Penataan kesiapan fasiltas pelabuhan di 3 (tiga) cabang utama tersebut telah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir,begitu pula dengan armada kapal yang telah melalui proses perawatan berkala.
 
Selain fasilitas pelabuhan dan kapal, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga memastikan kesiapan petugas operasional di pelabuhan dan kapal serta melakukan kerjasama serta berkoordinasi secara terus menerus dengan pihak-pihak ekstrenal terkait, antara lain Kementerian Perhubungan, Pemda dan Dinas Perhubungan setempat, Kepolisian, aparat keamanan (TNI), Perusahaan Pelayaran Swasta, dll.
 
“Kami telah mempersiapkan rencana Angkutan Liburan yang terbagi dalam beberapa skenario yang mungkin terjadi yaitu skenario normal, padat dan skenario sangat padat,” tutur Christine Hutabarat, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). 
 
Skenario tersebut terkait dengan pola operasi kapal yang akan diberlakukan, sebagai contoh di pelabuhan Merak untuk skenario padat maka Cabang PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Merak akan mempersiapkan 28 kapal dengan 10 kapal cadangan,sedangkan untuk kondisi sangat padat sebanyak 33 kapal akan dioperasikan dengan 5 kapal cadangan.
 
Sementara PT ASDP di cabang Ketapang, pada kondisi padat, kapal yang akan dioperasikan sebanyak 34 kapal di mana pada saat kondisi arus penyeberangan normal kapal yang beroperasi hanya 30 unit kapal.
 
“PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan selalu mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Persiapan Angkutan Liburan Sekolah tahun ini telah kami persiapkan dengan semaksimal mungkin. Penataan dan pembangunan pelabuhan secara terus menerus kami lakukan agar Angkutan Liburan tahun ini dapat berjalan dengan Lancar, Aman dan Nyaman serta menyeberang dengan Selamat sampai ke pelabuhan tujuan ” tambah Christine.
 
 (*Corporate Secretary )
 
 
ESTIMASI KAPASITAS PENYEBERANGAN ANGKUTAN LIBURAN 2012 DI PELABUHAN BAKAUHENI